100% Backlink Indonesia

Suporter Adalah

Posted by Unknown on Tuesday, November 22, 2016

Suporter Adalah


Suporter adalah sekelompok orang yang memberikan dukungan dalam suatu pertandingan olahraga, KBBI mendefinisikannya seperti itu. Pengertian ini tidak merujuk pada pertandingan yang spesifik, namun keberadaan suporter pada kenyataannya begitu lekat dengan pertandingan olahraga. Daniel L. Wann menyebut suporter yang menyaksikan pertandingan olahraga sebagai pribadi yang aktif secara fisik, politik dan sosial. Oleh karena itu keberadaan suporter bukan hanya soal dukungan. Suporter membuat pertandingan menjadi lebih berkesan dan dinamis. Bahkan tak jarang keberadaan suporter justru lebih menonjol dan menarik perhatian ketimbang pertandingannya sendiri. Sepak bola sebagai olahraga paling populer, telah menarik begitu banyak orang untuk menjadi suporternya dengan fanatisme yang sangat kental. Fanatisme ini yang kemudian mendorong suporter sepak bola untuk mengorganisir dirinya serta melakukan berbagai aksi yang mencolok sebagai manifestasi dari fanatisme tersebut. 


Suporter Pemain Kedua Belas / by: google


Kerusuhan suporter adalah wujud fanatisme yang paling jelas. Baca juga Ciri Suporter Rusuh Masalah ini tidak terjadi secara parsial di wilayah tertetu di dunia, namun sudah menglobal, dari negara berkembang sampai negara maju sekalipun. Bahkan tingkah suporter di negara maju macam Inggris dan Italy menjadi kiblat bagi suporter negara berkembang seperti Indonesia.Menurut Fajar Junaedi dalam bukunya Bonek: Komunitas Suporter Pertama dan Terbesar di Indonesia, sepak bola adalah olahraga yang berwatak sosialis. Sepak bola mengajarkan kesetaraan sebagaimana sosialisme mengajarkan kesetaraan sosial. Lambat laun, watak kesetaraan inilah yang menyuburkan komunitas suporter klub sepak bola dengan fanatisme yang tinggi. Fanatisme ini diekspresikan dalam perilaku dukungan terhadap klub dan agresifitas menyerang komunitas lain dari klub yang berbeda. Agresi-agresi ini didorong oleh banyak faktor. Salah satunya adalah masalah-masalah sosial yang ada di luar sepak bola sendiri. 


Tidak sedikit suporter yang datang ke stadion dengan membawa frustasi atas masalah yang dialaminya. Sepak bola lalu dipandang sebagai pengalih atas masalah yang menimpanya. Frustasi itu menurut Sindhunata adalah sumber yang melahirkan agresi dan pertandingan sepak bola merupakan satu dari sedikitnya sarana untuk menumpahkan agresi tersebut.Faktor lain yang tak kalah penting adalah apa yang terjadi di lapangan, yakni sikap pemain. 


Mengutip Guus Van Holland yang mengatakan kekerasan suporter dapat diatasi jika sepak bola mampu menemukan jati dirinya sebagai sebuah sport, yang mana para pemain bisa turut meredam kekerasan dengan permainan yang lebih sportif di lapangan. Kerusuhan Suporter ini memang menjadi masalah yang serius. Namun apakah kekuatan massa suporter hanya akan menelurkan fanatisme berlebih yang berujung pada kerusuhan demi kerusuhan? Nyatanya suporter memiliki potensi yang mampu melahirkan kekuatan yang tidak melulu bertujuan merusuhi. Suporter adalah sumber pendapatan utama bagi klub, misalnya. Dengan membeli tiket dan menyaksikan pertandingan, suporter telah tururt menghidupi klub. Tak Cuma itu, penjualan marchandise klub juga menemukan pasar yang menguntungkan lewat suporter. Suporter bahkan bisa bertindak lebih dari sekedar menjadi konsumen. Aremania misalnya yang membuat usaha penjualan marchandise Arema. Sebagian hasil penjualannya diberikan pada Arema untuk memenuhi kebutuhan klub. Hal ini amatlah membantu keuangan Arema mengingat klub ini bukanlah klub binaan pemda yang mudah mendapatkan kucuran dana.Semenatara itu, dari sisi psikologis pun demikian.


Telah dipaparkan sebelumnya bahwa kelakuan pemain di lapangan akan turut mempengaruhi sikap suporter. Hal ini berlaku pula sebaliknya. keberadaan suporter memberi efek psikologis yang sangat signifikan bagi pemain. Anung Handoko dalam bukunya Sepak Bola Tanpa Batas menuturkan bahwa sepak bola tak hanya diposisikan sebagai olahraga melainkan kehidupan itu sendiri. Suporter menjadi elemen penting di dalamnya yang turut mewarnai perkembangan sepak bola dari masake masa. Angle ini secara khusus akan membahas yang pertama, sejarah sepak bola dan filosofinya.Dari model permainannya, sepak bola sudah dikenal berbagai bangsa jauh sebelum Inggris mencetuskan sepak bola modern dengan segala hukumnya. Tinjauan sejarah ini akan melihat bagaimana permainan “menendang bola”dilakukan oleh berbagai bangsa dengan latar belakang budaya yang mereka miliki. Misalnya apa yang membedakan permainan sepak bola suku Indian Inka dengan orang-orang Cina. 


Hal ini akan mengarah pada filosofi yang ada dibaliknya. Lalu memasuki era sepak bola modern yang dimotori oleh Inggris. Bagaimana Inggris mampu menyebarluaskan konsep sepak bola modernnya ke negara-negara di Eropa. Lalu bangsa Eropa membawanya ke tanah jajahan mereka di benua lain.Tinjauan sepak bola dari masa ke masa
ini akan memaparkan pula karaktersepak bola yang pada akhirnya menjadi magnet bagi banyak orang. Pada akhirnya,  ini akan menegaskanbetapa eratnya hubungan suporter dan sepak bola karena saling mempengaruhi satu sama lain.





suporter fc
suporter terbanyak di indonesia
suporter indonesia
suporter terbanyak di dunia
suporter adalah
a supporter
suporter bola
suporter bola terbanyak di indonesia
suporter bola indonesia
suporter blogspot
suporter bola terbanyak di dunia
suporter cantik
suporter casual
suporter casual indonesia
suporter di indonesia
suporter dengan koreo terbaik di dunia
suporter dki jakarta
suporter dki rusuh
suporter dunia
hd supporter
suporter eropa
suporter euro 2016
suporter eropa terbanyak di indonesia
suporter edan
euforia suporter indonesia
suporter fanatik
suporter fc mobile
suporter fanatik di dunia
suporter fanatik dunia
suporter fx
suporter fanatik liga indonesia facebook
suporter fanatik barcelona
suporter gila
suporter gokil
suporter ganas di indonesia
supporter g
suporter hooligan
suporter hooligan di indonesia
suporter hot
suporter indonesia di mata dunia
suporter indonesia terbanyak
suporter indo
suporter indonesia yang paling ditakuti
suporter indonesia di malaysia
suporter indonesia tadi malam
suporter jakarta
suporter klub terbanyak di dunia
suporter kreatif di indonesia
suporter klub indonesia terbanyak
suporter klub paling fanatik di dunia
suporter klub terbanyak di asia
suporter klub terbanyak di dunia 2016
suporter layar kaca
suporter lucu
supporter logo
suporter meninggal
suporter nekat
suporter negara terbanyak di dunia
suporter nomor 1 di indonesia
suporter no 1 di indonesia
suporter nice
suporter negara paling ditakuti
suporter olahraga
suporter paling ditakuti di indonesia
suporter paling banyak di indonesia
supporter quotes
quote supporter
quotes suporter bola
suporter rusuh
suporter ricuh
suporter rasis
suporter rc
suporter sepak bola
suporter sepak bola indonesia
suporter terbaik di dunia
suporter terbaik di indonesia
suporter terbaik
suporter terfanatik di dunia
suporter terbanyak di dunia 2016
suporter ultras
suporter unik
suporter ultras di indonesia
suporter ultras terbaik di indonesia
suporter ultras indonesia
suporter wanita di indonesia
suporter yang paling ditakuti
suporter yang paling ditakuti di indonesia
suporter yang ditakuti di dunia
suporter yang paling anarkis di indonesia
suporter yg paling ditakuti di dunia
suporter yang paling banyak di indonesia
zona suporter
suporter 13
20 suporter terbanyak di dunia
20 suporter terbanyak di indonesia
20 suporter terfanatik di indonesia
20 suporter klub terbanyak di dunia
suporter smk muh 3 yk
video suporter 3gp
suporter indonesia 68
kerusuhan suporter 8 mei 2014


Pemain Kedua Belas
suporterUpdated: Tuesday, November 22, 2016

0 comments:

Powered by Blogger.